Perkembangan Janin dari Minggu ke Minggu Selalu Mengesankan

October 29, 2017 | By Hadve | 0 Comments

Perkembangan janin dari minggu ke minggu memang selalu mengesankan. Setiap ibu yang sedang mengalami masa kehamilan pasti merasakan kesan yang luar biasa. Sebagai salah satu produk perlengkapan bayi ternama di Indonesia, switzal akan memberikan gambaran perkembangan bayi bunda dari minggu ke minggu. Dari minggu pertama, minggu ini masih bisa dikatakan periode menstruasi. Hal ini disebabkan perkiraan kelahiran janin akan ditentukan pada hari terakhir menstruasi bunda.  Pembentukan sperma dan sel telur akan memberikan informasi pada tubuh bahwa telah ada janin di dalam rahim bunda. Saat hal itu terjadi, janin telah memiliki bekal genetic dan kromosom manusia sebanyak 46 jenis.

Pastikan Bunda Memperoleh Asupa Nutrisi Yang Cukup Selama Proses Perkembangan Janin Dari Minggu Ke Minggu

perkembangan janin dari minggu ke minggu

Bunda hanya membutuhkan nutrisi yang cukup untuk menjaga janin dan kesehatan bunda sendiri pada masa itu. Sel telur dalam rahim akan membentuk lingkaran untuk melakukan proses pembuahan. Berjuta-juta sel sperma kemudian akan berenang menerobos sel telur. Meskipun pasukannya sangat banyak, akhirnya akan ada satu saja yang gigih menerobos indung telur. Pada minggu kedua, sel telur akan membelah setelah dibuahi dan terus bergerak menuju rahim. Pada minggu ketiga,  bunda biasanya belum sadar ketika sedang hamil karena sel telur membelah menjadi ratusan dan menempel pada dinding rahim. Ukurannya memang sangat kecil pada minggu itu.

Ketika minggu keempat, bayi telah membentuk embrio dan jika bunda melakukan tes kehamilan, maka hasilnya positif.  Janin pun akan membentuk struktur tubuh manusia. Pada minggu kelima, sistem saraf pada bayi terbentuk dan organ usus, hati, pundi kencing, sampai pancreas pun telah dibentuk. Ketika minggu keenam tiba, ukuran embrio dari dari kepala sampai bokong mencapai 4 mm. Sistem pencernaan dan pernafasan mulai terbentuk. Beralih ke minggu 15, bayi sudah mampu menggenggam tangannya. Ketika minggu ke 19 tiba, janin mampu menghisap jempol. Pada minggu ke 25, bunda bisa mereasakan ketika bayi sedang cegukan. Ketika hal itu terjadi, sebenarnya janin sedang belajar bernafas. Pada minggu ke 32, jari tangan dan kaki telah tumbuh dengan sempurna. Minggu ke 38 hingga 40, proses pembentukan telah selesai dan bayi siap lahir.

Referensi Artikel: https://www.zwitsal.co.id/momen-kehamilan/perkembangan-janin-dari-minggu-ke-minggu-bagian-1

LEAVE A REPLY

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*